Program studi perikanan merupakan lembaga pendidikan di bidang perikanan yang bernaung di bawah Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA). Pendirian program studi perikanan dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan pembangunan sektor perikanan Propinsi Banten terutama dalam pengembangan sumberdaya manusia (SDM) dan teknologi yang digunakan. Program studi perikanan didirikan berdasarkan SK Dirjen DIKTI No 547/D/T/2008 pada tanggal 5 Maret 2008.

Perencanaan pendirian program studi perikanan dimulai pada tahun 2003 sebagai upaya untuk memenuhi permintaan sumberdaya manusia di sektor perikanan baik instansi pemerintah maupun swasta. Pada awal perencanaan, jumlah program studi yang akan didirikan berjumlah tiga meliputi Teknologi Kelautan (TKL), Teknologi Hasil Perikanan (THP), dan Budidaya Perikanan (BDP). Pada akhirnya, setelah adanya izin dari Dirjen Dikti tanggal 5 Maret 2008 maka diputuskan untuk didirikan program studi perikanan yang meliputi bidang ilmu budidaya, penangkapan, pengolahan, dan pemasaran. Pendirian program studi tersebut didasarkan dengan meninjau potensi kelautan dan perikanan Propinsi Banten yang prospektif untuk dikembangkan.

Kehadiran program studi perikanan merupakan suatu upaya turut sertanya Fakultas Pertanian UNTIRTA dalam menunjang pembangunan nasional dan daerah terutama pengembangan sumberdaya manusia (SDM) di sektor perikanan. Upaya tersebut diwujudkan dalam bentuk kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta, dan Perguruan Tinggi lain seperti Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjajaran, Sekolah Tinggi Perikanan, dan lain-lain. Kondisi tersebut diharapkan dapat memberikan peluang bagi lulusan program studi perikanan untuk berkiprah di instansi pemerintah, swasta, maupun menjadi wiraswasta (budidaya, penangkapan, dan pengolahan).

Visi

Menjadikan pusat keunggulan dalam pengembangan sumberdaya manusia (SDM) di bidang teknologi, budidaya, penangkapan, dan pengolahan hasil.

Misi

  1. Menyelenggarakan tri dharma Perguruan Tinggi.
  2. Meningkatkan kemitraan di bidang perikanan.
  3. Menciptakan insan yang profesional di bidang teknologi, budidaya, penangkapan, dan pengolahan hasil perikanan.

Tujuan

Program studi perikanan bertujuan menghasilkan sarjana perikanan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur dan menjadi tenaga-tenaga profesional dengan kualifikasi:

  1. Menguasai dasar-dasar bidang ilmu perikanan sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di bidang ilmu tersebut.
  2. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan di bidang ilmu budidaya, penangkapan, pengolahan, dan pemasaran yang dimilikinya dalam kegiatan produktif dan pelayanan terhadap masyarakat.
  3. Mampu mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu  budidaya, penangkapan, pengolahan, dan pemasaran.

Program Pengembangan

Program pengembangan di jurusan/program studi perikanan dijabarkan sebagai berikut ini:

Menyelenggarakan program studi yang berkualitas dengan kompetensi di bidang budidaya, penangkapan, pengolahan, dan pemasaran

 

  1. Mengembangkan dan melaksanakan penelitian terapan yang bermanfaat bagi stakeholder.
  2. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui proses kerjasama dan berbagai pembinaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan aplikasinya.
  3. Mengadakan kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta, dan perguruan tinggi lainnya.
Dikembangkan oleh Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa