Kemahasiswaan

Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture (SEARCA) menawarkan beasiswa pascasarjana 2014-2015 untuk jenjang S-2 dan S-3 kepada para peneliti dan profesional di bidang pertanian. Beasiswa ini khusus ditawarkan kepada kandidat dari negara-negara Asia Tenggara, yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste dan Vietnam.

Beasiswa ini meliputi biaya kuliah, tunjangan buku, tunjangan penyusunan tesis dan disertasi, asuransi dan tiket perjalanan pp, serta biaya hidup sebesar 400 dolar AS per bulan.

Kandidat bisa memilih program studi yang terkait bidang pertanian, seperti ilmu pengetahuan hayati, ilmu pengetahuan sosial, ekonomi dan statistik, kehutanan dan perikanan, ilmu lingkungan, teknologi agro industri dan teknik, kimibiokimia dan manajemen pengembangan.

Beasiswa akan berlaku untuk kandidat yang memilih studi di sejumlah universitas mitra SEARCA. Universitas-universitas tersebut adalah:
- Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor, Indonesia
- Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Indonesia
- Universiti Putra Malaysia (UPM), Selangor, Malaysia
- Kasetsart University (KU), Bangkok, Thailand
- University of the Philippines Los Baños (UPLB), Laguna, Filipina
- University of the Philippines Diliman (UPD), Quezon City, Filipina
- University of the Philippines Visayas (UPV), Iloilo, Filipina

Beasiswa ini hanya bisa dilamar oleh kandidat yang bekerja di institusi pendidikan, lembaga riset atau kantor pemerintah. Kandidat harus berusia di bawah 35 tahun.

Pendaftaran terkait dengan kementerian pendidikan di masing-masing negara asal kandidat. Namun, tenggat awktu yang diberikan untuk pendaftaran sama, yaitu paling lambat 30 Juli 2013. Informasi lebih lanjut dan formulir aplikasi bisa diperoleh di laman resmi SEARCA

Bersama ini kami informasikan bahwa Pemerintah Tiongkok melalui China Scholarship Council (CSC) menawarkan  empat kategori beasiswa:

1. Beasiswa Chinese Local Government Scholarship (23 jenis)

2. Beasiswa Pemerintah pusat ( 3jenis)

3. Beasiswa Hanban (3 Jenis)

4. Beasiswa Perguruan tinggi

 

Informasi selengkapnya:

Beasiswa Tiongkok

Kepada Yth     : 1. Rektor/Ketua/Direktur Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta,

2. Koordinator Kopertis Wilayah I s.d XIII

di seluruh Indonesia.

Bersama ini dengan hormat kami sampaikan bahwa, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Ditjen Pendidikan Tinggi memberi kesempatan kepada  mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk mengajukan proposal Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKMKT) yaitu :  Artikel Ilmiah dan Gagasan Tertulis untuk pendanaan tahun 2014.

Perlu  kami  informasikan  bahwa  sesuai  panduan  PKM  tahun  2013, pengajuan  usulan  proposal dan  tata  cara  pengiriman  proposal On-Line ke  Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Dit. Litabmas) dapat di download pada website   http://dikti.go.id,   dengan   headline   : Usulan Program Kreativitas Mahasiswa(PKM) 2013.

Sehubungan hal tersebut di atas, kami mohon agar Saudara berkenan menginformasikan program dimaksud kepada mahasiswa di lingkungan Perguruan Tinggi Saudara, sebagai berikut :

  1. Pendaftaran dilakukan oleh staf bagian Kemahasiswaan Perguruan Tinggi dengan alamat http://simlitabmas.dikti.go.id
  2. Pengunggahan dokumen dilakukan oleh mahasiswa setelah proses pendaftaran yang dilakukan selesai.
  3. Pendaftaran dan pengunggahan dokumen secara on-line dibuka mulai tanggal 1 Februari s.d. 27 Maret 2014 Untuk PKM-Artikel Ilmiah, sedangkan untuk PKM-Gagasan Tertulis dibuka mulai tanggal 1 Februari s.d. 31 Maret 2014. Apabila lewat dari batas waktu yang telah ditentukan  maka proses pendaftaran dan pengunggahan tidak dapat dilakukan.
  4. Dit. Litabmas tidak menerima Proposal dalam bentuk hardcopy (dokumen hardcopy tersebut disimpan di Perguruan Tinggi pengusul untuk keperluan administrasi).

Selanjutnya bagi Perguruan Tinggi yang belum memiliki user name dan password untuk operator kemahasiswaan agar segera meminta ke Ditlitabmas melalui email Perguruan Tinggi ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. .

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat,

ttd

Agus Subekti

NIP. 19600801 198403 1 002

 

Download:

Surat Pemberitahuan disini

Panduan PKMKT disini

 

Dikembangkan oleh Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa